Sekolah Pilot, Pendidikan yang Menjanjikan untuk Masa Depan

Selain kedokteran, sekolah pilot juga termasuk salah satu pendidikan yang relatif menjanjikan untuk masa depan. Setelah lulus sekolah yang berjalan selama kurang lebih 2 tahun, cadet bisa melamar pekerjaan di maskapai kalaupun memang tidak langsung direkrut oleh airline. Walaupun sebenarnya pekerjaan sebagai pengemudi pesawat terbang ini disinyalir mengkhawatirkan karena beresiko tinggi terhadap keselamatan, namun pada dasarnya merupakan salah satu profesi yang sangat menggiurkan. Ingin tahu apa alasannya? Mari kita kupas pada uraian di bawah ini:

Peluang kerja relatif luas

Meraih masa depan yang cerah salah satunya dipengaruhi oleh peluang kerja yang tersedia. Dalam dunia penerbangan, pilot termasuk salah satu bidang pekerjaan yang memiliki kesempatan kerja relatif luas. Hal ini didorong oleh pembangunan maskapai yang kian bertambah dan diperkirakan traffic penumpang udara setiap tahun akan semakin meningkat. Tentu banyak perekrutan yang dilakukan oleh maskapai untuk dapat melakukan operasional penerbangan dengan lancar. Di samping itu, peluang kerja untuk lulusan pilot terutama yang sudah memiliki lisensi MER dapat menjadi instruktur di sekolah penerbangan. Dengan kata lain, kalaupun sudah menjadi pengemudi pesawat terbang di airline, pilot pun bisa menjadi seorang instruktur di sekolah dan berkesempatan dalam menambah jam terbang.

Kebutuhan pilot selalu bertambah

Kebutuhkan pilot selalu bertambah bisa karena ada pihak yang memasuki usia pensiun dan juga beberapa di antaranya mengalami kemalangan saat mengemudikan pesawat. Setiap tahun Indonesia hampir kekurangan pilot. Sampai-sampai airline mempekerjakan pilot asing karena ketersediaaan tenaga pilot lokal belum mencukupi. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk menaungi karir di bidang penerbangan. Sebab peluang kerja yang luas memberikan kemudahan untuk memperoleh pekerjaan.

Jenjang karir oke dan gaji tinggi

Sama halnya dengan bekerja di perusahaan pada umumnya, pilot juga punya tahapan naik pangkat atau jenjang karir. Pilot, profesi ini dikenal sebagai salah satu jenis pekerjaan dengan resiko tertinggi di dunia. Maka tak mengerankan kalau jabatan yang ada sangat menggiurkan dan sebuah penghasilan yang amat fantastis.

Yang pertama adalah second officer dengan gaji sekitar 15-20 juta rupiah per bulan, kedua first officer yang bertugas sebagai pendamping kapten atau bahkan bertugas untuk menggantikan kapten ketika berhalangan hadir, penghasilannya sekitar 40-45 juta rupiah, dan yang ketiga adalah kapten pilot dengan pendapatan bisa mencapai 70 juta rupiah di airline top. Benar-benar menjadi suatu peluang yang baik untuk masa depan. Nah, untuk mencapai jenjang karir yang tinggi itu sendiri tentunya harus mencukupi persyaratan tertentu, baik itu dari segi keahlian, pengalaman, jam terbang, maupun juga lisensi yang ditentukan oleh maskapai penerbangan.

Masuk sekolah pilot dan bisa mencapai cita-cita sebagai pilot berkualitas memang baik sebagai salah satu investasi yang baik di masa depan. Namun demikian, masuk dan menjadi siswa penerbang tidaklah mudah, butuh perjuangan dan pengorbanan yang ekstra baik dari segi persiapan akademik, fisik, serta keuangan. Kemampuan berpikir dan berbahasa asing cadet harus berkapasitas tinggi, kondisi fisik & kesehatan juga harus memadai, juga pada keuangan mesti mendukung karena sekolah penerbangan rata-rata saat ini adalah 800 juta rupiah.

By the way, bila keyakinan dan persiapan sudah matang untuk masuk sekolah pilot, pastikan memilih sekolah yang memiliki reputasi bagus, fasilitas lengkap, instruktur yang berpengalaman, dan tentunya sudah berhasil mencetak para alumni menjadi pilot komersial yang berkualitas sehingga banyak terserap di lapangan kerja. Hal ini tentunya berperan penting untuk masa depan yang dicapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *