Apa Perbedaan Sekolah Pilot Dalam dengan Luar Negeri?

Anda ingin menyekolahkan anak ke sekolah pilot? Ketika anak memiliki passion yang tinggi & bakat dalam dunia penerbangan, mendaftarkan dia ke sekolah pilot memang keputusan yang tepat. Dengan begitu, anak jadi lebih semangat menimba ilmu. Dia juga dapat mengasah bakat yang dimiliki yang pada gilirannya menjadi modal untuk menjadi pilot, profesi yang diidamkan lantaran dianggap mapan. Btw, mau daftarkan anak ke sekolah pilot dalam atau luar negeri? Kalau masih bingung, coba simak beberapa perbedaannya di bawah ini.

Durasi belajar

Untuk urusan durasi belajar, perbedaannya terbilang cukup signifikan. Kalau di tanah air, durasi belajar yang ditawarkan sekitar 18 bulan bahkan lebih. Bagaimana dengan durasi belajar yang ditawarkan oleh sekolah pilot luar negeri? Sekitar 12 bulan saja. Hal ini bisa dipengaruh oleh fasilitas memadai yang dimiliki sekolah pilot luar negeri sehingga tidak membuat para kadetnya menunggu latihan terbang yang dapat memperpanjang waktu kelulusan. JIka ingin anak cepat masuk ke dunia kerja, memilih sekolah pilot luar negeri jadi keputusan yang tepat.

Biaya pendidikan

Biaya pendidikan sekolah penerbangan di tanah air bisa dibilang lebih mahal dibanding sekolah pilot luar negeri. Mengapa? Ini beberapa alasan yang mendasarinya:

  • Sekolah pilot dalam negeri harus impor pesawat latih & simulator. Kedua fasilitas ini sangat diperlukan dalam dunia penerbangan. Biaya untuk pembelian fasilitas ini tidak sedikit. Ditambah lagi biaya pengirimannya dari luar negeri. Tak heran kalau biaya pendidikan sekolah pilot di tanah air sangat mahal. Kalau sekolah pilot luar negeri terutama sekolah pilot yang bermarkas di Amerika, tidak perlu impor karena Amerika yang menjadi produsen pesawat latih.
  • Instruktur penerbangan juga harus didatangkan dari luar negeri. Kebanyakan instruktur penerbangan di sekolah pilot tanah air berkewarganegaraan asing. Tentunya tak sedikit untuk memberikan upah kepada mereka terlebih jika telah mengantongi pengalaman yang mumpuni yang bisa dilihat dari jam terbang tinggi yang dimilikinya.
  • Bayar pajak barang mewah. Sekolah pilot tanah air juga harus membayar pajak barang mewah atas pesawat yang bakal dibebankan kepada seluruh kadet melalui biaya pendidikan yang ditawarkan. Kalau di luar negeri seperti Amerika, diketahui tidak ada pembebanan pajak untuk barang mewah.

Lisensi                                                                                                                                 

Ketika anak memiliki lisensi dari sekolah pilot dalam negeri, anak bisa langsung membangun karir di maskapai penerbangan Indonesia pasca lulus (tentunya setelah memenuhi persyaratan yang diajukan sekaligus lolos dalam seleksi yang diadakan oleh pihak airline). Apabila anak memperoleh lisensi dari sekolah pilot luar negeri, anak tidak bisa langsung meniti karir di dalam negeri. Dia harus terlebih dahulu melakukan penyetaraan lisensi dengan mengikuti kursus singkat (berlangsung 2 hingga 4 bulan tergantung cuaca) atau dalam dunia penerbangan disebut dengan endorsement. Perlu Anda ketahui bahwa ada biaya untuk mengikuti endorsement ini. Biayanya tergantung sekolah pilot tanah air yang Anda pilih.

Semua keputusan faktanya memiliki resiko, termasuk dalam memilih sekolah pilot. Dengan memilih sekolah pilot dalam negeri, anak tidak merasakan culture shock sekaligus bisa langsung berkarir di dalam negeri setelah lulus, tapi durasi belajarnya bisa lebih lama & biaya pendidikannya bisa lebih mahal. Kalau pilih sekolah pilot luar negeri, durasi belajarnya memang singkat & biaya pendidikannya relatif murah, tapi biaya komunikasi dengan anak mahal, anak bisa mengalami culture shock, dan setelah lulus harus ikut endorsement jika ingin berkarir di dalam negeri. Keputusan tergantung Anda, mana konsekuensi yang paling bisa diterima. Jika masih kesulitan, gunakan jasa konsultan sekolah pilot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *